Rabu, 16 November 2011

2012, ASEAN Single Window Diujicoba

Tujuh negara anggota ASEAN akan melakukan uji coba penerapan ASEAN Single Window (ASW), tahun depan, sebagai salah satu elemen kunci mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN (AEC) pada 2015.

"Tujuh negara dinyatakan siap ujicoba ASW," kata Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo di sela-sela ASEAN Senior Official Preparatory Meeting (ASEAN SEOM) KTT ke-19 ASEAN di Bali International Convention Center (BNDCC), Selasa (15/11).
Uji coba akan dilakukan selama satu tahun untuk mengetahui sejauh mana sistem itu bisa diimplementasikan, sekaligus bahan evaluasi untuk perbaikan-perbaikan. Sedangkan ketujuh negara itu adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam. Tiga negara Kamboja, Laos, dan Myanmar menyatakan belum siap.
ASW adalah sistem untuk meningkatkan transparansi dan kecepatan pelayanan ekspor impor, kepabeanan satu pintu antaranggota ASEAN melalui penyeragaman data informasi para anggota. "Dengan ASEAN Single Window semua data dan informasi setiap negara anggota ASEAN saling terkoneksi. Sementara negara di luar ASEAN memperoleh kemudahan mengakses informasi seputar ASEAN dan negara anggotanya," jelasnya.
ASEAN menginginkan ASW diterapkan oleh seluruh anggotanya, namun setiap negara sudah harus menerapkan National Single Window paling lambat 2012.  Namun implementasi konsep ini membutuhkan kesiapan sumber daya teknologi dan SDM. "Tiga negara yang belum siap diharapkan segera melakukan pembenahan agar sistem tersebut bisa terintegrasi secara bersamaan di kawasan ini," katanya.(MC ASEAN/dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar