Sabtu, 19 November 2011

AS dan PBB Jadwalkan Konferensi Pers di Media Center

Delegasi Amerika Serikat dan PBB pada KTT ASEAN dan KTT Terkait di Nusa Dua, Bali, mendaftarkan diri kepada panitia pelaksana untuk memberi keterangan pers. Pertemuan puncak kali ini akan diikuti petinggi utama kedua pihak itu.
Menyampaikan maksud dan opini untuk kepentingan mereka dipandang sangat penting pada KTT kali ini.  "Beberapa negara, bahkan PBB dan Amerika Serikat, telah mendaftarkan diri untuk memberikan konferensi pers," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Kemkominfo Freddy H Tulung, Minggu (13/11).
Freddy langsung mengawasi perkembangan operasionalisasi Media Center KTT di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali.
Selain PBB dan AS, dia menyebut delegasi Thailand dan Malaysia juga telah mendaftar untuk menyampaikan pernyataan. "Masih ada beberapa negara lain, tapi saya tidak ingat satu per satu," katanya. Gelaran internasional ini semakin dipandang penting dan strategis tidak saja bagi negara anggota ASEAN dan mitra, namun juga bangsa-bangsa lain.
Agar bisa menjamin kelancaran operasionalisasi Media Center itu, pemerintah melalui Panitia Pelaksana mengucurkan dana sampai Rp18 miliar. Mulai dari tata letak, pembangunan dan operasionalisasi jaringan internet dan data elektronika, pengadaan komputer dan perangkat pendukung lain, hingga mesin fotokopi.
KTT ASEAN kali ini memang agak lebih ketimbang KTT yang sudah-sudah. Sekali KTT internal bagi pemimpin puncak 10 negara anggotanya, ada lagi KTT ASEAN+3 dan KTT Asia Timur, yang juga  dihadiri Amerika Serikat, Rusia, India, Selandia Baru, dan Australia.
Arena kegiatan juga bukan cuma satu, melainkan juga di Bali International Convention Center (BICC), yang juga berada di kompleks Nusa Dua. Masih ada lagi aktivitas luar ruang yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, seperti Hello ASEAN.(MC ASEAN/dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar