Selasa, 15 November 2011

ASEAN Perkuat Integrasi Pengelolaan Data

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida S. Alisjahbana mengatakan negara - negara anggota ASEAN akan meningkatkan dan mengintegrasikan data statistik untuk membantu mempertajam pembentukan kebijakan dan perencanaan untuk pembangunan wilayah ASEAN.
“Inisiatif ini akan membantu kawasan untuk memperoleh angka-angka yang lebih akurat dan andal, serta data statistik yang berkualitas dalam bidang perdagangan barang dan jasa, investasi, dan sektor utama lainnya dalam pembangunan,” kata Armida di gedung Sekretariat ASEAN Jakarta, Jumat (4/11).
Menurutnya, pengintegrasian data tersebut telah membawa ASEAN dalam era baru di bidang kerjasama statistik. Era baru dalam bidang statistik itu ditandai dengan peluncuran Komite Sistem Statistik Komunitas ASEAN (ASEAN Community Statistical System/ACSS).
Menurut Armida, komite yang dibentuk akan mempertajam proses pengambilan keputusan oleh pemerintah, kalangan usaha, akademisi, kelompok masyarakat sipil, media, serta masyarakat umum.
Selain itu, komunitas ASEAN membutuhkan data statistik yang andal dan tepat waktu, serta dapat diperbandingkan dengan anggota ASEAN lainnya, untuk pembentukan kebijakan kawasan yang tepat.
“Komite ini juga akan membantu membuat perkiraan, tolak ukur dan target yang lebih tepat guna menuju pencapaian Millenium Development Goal's,” katanya.
Sekretaris Utama Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin menyatakan bahwa Komite ACSS merupakan hasil nyata dari keputusan yang diambil ASEAN untuk memperkuat kontribusi statistik dalam Komunitas ASEAN.
“Wewenang lebih besar pada komite menunjukkan bahwa statistik merupakan faktor penting dalam pengambilan kebijakan ASEAN, serta menjadi alat yang lebih efektif dalam lingkup kawasan maupun global,” kata Suryamin.
Wakil Sekjen ASEAN untuk Komunitas ASEAN Sundram Pushpanathan mengatakan kerjasama kawasan saat ini adalah suatu hal yang amat penting untuk dilakukan, terlebih di era globalisasi.
“Kerjasama kawasan penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan stabilitas, karena dengan adanya integrasi data statistik pengambilan keputusan dapat dilakukan berdasarkan data dan informasi statistik yang akurat dalam berbagai bidang,” ujarnya.
Dengan diluncurkannya Komite ACSS, lanjutnya, ASEAN berada di jalan yang tepat untuk membentuk ACSS pada 2015, yang merupakan komitmen para pemimpin ASEAN yang dicanangkan pada Oktober 2011 lalu melalui Kerangka Kerjasama ASEAN di bidang Statistik 2010-2015.(ismadi/rm) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar