Selasa, 15 November 2011

ASEAN Siapkan Empat Dokumen Penting Kawasan

Para pejabat tinggi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dalam dua hari terakhir ini intensif menyiapkan rancangan empat dokumen menjelang Pertemuan Puncak ke-19 ASEAN di Bali Nusa Dua Covention Center (BNDCC).

Dalam pernyataan persnya, Minggu (13/11),  Kementerian Luar Negeri  mengungkapkan pertemuan para pejabat tinggi ASEAN pada 13 dan 14 November 2010 adalah sebagai pendahuluan sebelum Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pada 15 November 2011, pertemuan ke-6 Dewan Komunitas Politik-Keamanan ASEAN pada 16 November 2011, dan KTT ke-19 ASEAN serta KTT Terkait lainnya pada 17-19 November 2011.
Para pejabat tinggi ASEAN akan membahas empat rancangan dokumen meliputli Deklarasi Bali mengenai Komunitas ASEAN dalam Komunitas Global Bangsa-Bangsa (Bali Declaration on ASEAN Community in a Global Community of Nations). Lalu kedua, Deklarasi KTT Asia Timur mengenai prinsip-prinsip hubungan yang saling menguntungkan.
Ketiga, Deklarasi KTT Asia Timur mengenai Konektivitas ASEAN. Dan keempat, Deklarasi Bersama mengenai Kemitraan Komprehensif antara ASEAN dan PBB.
Para pejabat tinggi ASEAN juga akan membahas rencana pembentukan Institut Perdamaian dan Rekonsiliasi ASEAN, implementasi Deklarasi Tata Perilaku Pihak-Pihak dalam Laut China Selatan, Visa Bersama ASEAN dan Target Tahunan Pengembangan Komunitas ASEAN.
Direktur Jenderal Kerja sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Djauhari Oratmangun memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan. Djauhari juga Ketua SOM ASEAN-Indonesia.(MC ASEAN/dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar