Kamis, 17 November 2011

ICT Permudah Hubungan Ekonomi ASEAN

Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring mengatakan Information and Communications Technology (ICT) merupakan jembatan untuk mewujudkan ekonomi yang murah mudah dan aman, mengingat dengan diberlakukannya Konektivitas ASEAN 2015 maka komunikasi dan informasi yang dilakukan akan mudah dan murah karena bebas rooming.

“Dengan diberlakukannya bebas rooming sesama negara ASEAN maka akan mempermudah hubungan ekonomi antar negara, sebagaimana diberlakukannya Visa tunggal bagi negara ASEAN,” kata Tifatul Sembiring di Media Center BNDCC, Nusa Dua Bali, Kamis (17/11).
Menurutnya, ASEAN Connectifity tidak hanya berhubungan pada insfratuktur, ekonomi sosial dan budaya, melainkan juga connect terhadap ICT.
Kalau dulu ASEAN hanya berhubungan antar negara dan pemerintah, ASEAN saat ini akan berupaya berhubungan antar masyarakat Asia. Baik dibidang keamanan, ekonomi dan sosial budaya.
“Sehingga ASEAN Community diharapkan menjadi kekuatan besar yang melebur dalam bidang keamanan, ekonomi,  budaya dan sosial. Ini tidak bisa dianggap sepele oleh negara lain, karena akan bergerak maju kemasa depan,” katanya.
Lebih lanjut Tifatul mengatakan,  tidak ada proteksi terhadap ICT, karena semua masyarakat bisa membagikan informasinya. Kita juga tidak bisa mengurung diri terhadap teknologi. “Namun yang pokok harus menyesuaikan diri terhadap perkembangan informasi,” tukasnya. (MC ASEAN/wandi/dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar