Senin, 07 November 2011

Indonesia Tuan Rumah AFMIS 2011

Jakarta, ASEAN Community. Indonesia akan menjadi tuan rumah acara ASEAN Finance Ministers Investor Seminar (AFMIS), yakni sebuah acara tahunan yang merupakan promosi investasi sekaligus forum dialog antara pengambil keputusan ekonomi di negara-negara ASEAN dengan para investor yang mencari peluang di kawasan ASEAN.
alt
Demikian disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan dalam keterangan persnya yang diterima di Jakarta, Senin (1/11).
Menurutnya, AFMIS kali ini merupakan salah satu program dari Menteri Keuangan ASEAN untuk berdialog dengan investor mengenai data dan informasi terkini dalam rangka memutuskan kebijakan yang akan diambil oleh negara-negara ASEAN.
Terdapat tiga isu penting yang akan dibahas pada forum AFMIS kali ini. Pertama adalah mengenai pertumbuhan dan kesempatan berinvestasi di kawasan ASEAN.
Menurutnya, arus investasi yang masuk ke kawasan ASEAN telah mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.Pangsa investasi FDI (Foreign Direct Investment) di kawasan ASEAN dibandingkan dengan investasi FDI global telah meningkat dari 2,8 persen pada tahun 2008, menjadi 3,6 persen di tahun 2009, dan meingkat 4,8 persen pada 2010.
Setelah mengalami penurunan berturut-turut selama 2008 dan 2009, laju FDI kenegara ASEAN pada tahun 2010 tumbuh dengan pesat yakni mencapai US$74,1 miliar. Angka FDI 2010 untuk ASEAN mewakili 12,9 persen dari total FDI untuk seluruh negara berkembang.
Isu kedua, mengenai ketahanan ekonomi ASEAN di tengah gejolak ekonomi global, isu ini dilontarkan karena terkait dengan ASEAN yang telah membuktikan diri sebagai kawasan yang masih dapat mencatat pertumbuhan ekonomi di tengah kelesuan ekonomi dunia.
Ketiga, akan dibahas mengenai konektifitas dan integrasi sektor keuangan dan moneter menuju ASEAN Economic Community di tahun 2015. Untuk mewujudkan ini, telah disusun Roadmap For Monetary and Financial Integration of ASEAN.(Ismadi/rm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar