Rabu, 16 November 2011

Komunitas Bloger Sambut Komunitas ASEAN

Sedikitnya, 200-an pegiat yang tergabung dalam komunitas blogger, perwakilan dari 10 negara-negara anggota ASEAN, berharap turut berkiprah membawa ASEAN lebih dekat ke masyarakat.

Guna membentuk Komunitas ASEAN 2015, dengan meningkatkan pengetahuan publik serta menjangkau masyarakat luas, Indonesia selaku Ketua ASEAN 2011, bersama Komunitas Blogger ASEAN menyelenggarakan Konferensi Blogger ASEAN. “Konferensi Blogger 2011 diharapkan membawa ASEAN lebih dekat dengan masyarakat dan menjadi forum untuk berbagi gagasan tentang implementasi piagam ASEAN menuju pembentukan komunitas ASEAN 2015,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika RI Tifatul Sembiring di Museum Pasifika, Nusa Dua Bali, Rabu (16/11).
Konferensi yang bertemakan ASEAN Kini dan Kerjasamanya dengan Para Mitra Wicara ASEAN ini dihadiri berlangsung hingga Kamis (17/11).
ASEAN Blogger Community (ABC) digagas oleh para blogger di berbagai kota di Indonesia. Pada saat Kementerian Luar Negeri menyelenggarakan sosialisasi ASEAN di berbagai kota. Para blogger di Tanah Air menginginkan agar ASEAN tidak hanya merupakan forum para elitis, diplomat dan pemerintah saja, namun juga penghubung dan komunikasi di antara masyarakat.
ABC Chapter Indonesia diresmikan oleh Diren Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Djauhari Oratmangun pada 10 Mei 2011 dan bersama para blogger dideklarasikan pada 11 Mei 2011.
Menurut Presiden ABC Imam Brotoseno dari Indonesia, pertemuan pertama ASEAN Blogger Conference membahas perkembangan pemanfaatan media sosial online di negara-neagra anggota ASEAN dan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh para blogger ASEAN untuk pencapaian Komunitas ASEAN 2015 melalui peran aktif masyarakat di negara masing-masing.(MC ASEAN/dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar