Selasa, 15 November 2011

Menlu ASEAN Sepakat Perlunya Roadmap Visa Bersama

Para Menteri Luar Negeri ASEAN sepakat mengenai perlunya melakukan kajian dan menyampaikan rekomendasi mengenai suatu peta jalan (roadmap) rencana pemberlakuan Visa Bersama ASEAN.

“Pembahasannya masih belum tuntas masih ada dua negara yang belum terselesaikan, namun telah disepakati adanya roadmap, sehingga ke depan rencana pembahasan akan lebih terintegrasi dengan sektor terkait, ” kata Menteri Luar negeri RI Marty Natalegawa kepada pers usai pertemuan AMM di BNDCC, Selasa (15/11).
Rencana pemberlakukan Visa Bersama ini pun harus mempertimbangkan berbagai aspek, di antaranya terkait keamanan dan pertimbangan finansial. Dengan Visa Bersama ini, negera ketiga seandainya berkunjung ke negara anggota ASEAN, bisa menggunakan satu visa. “Ini juga akan menjadikan ASEAN sebagai kawasan tujuan yang terintegrasi,” katanya.
Wacana ASEAN umum visa muncul pada pertemuan ASEAN direktur umum urusan imigrasi dan konsuler dari seluruh kawasan Asia Tenggara di  tahun 2009. Selain membahas Visa Bersama, dalam pertemuan AMM tersebut, para menteri juga saling bertukar pandangan mengenai berbagai isu kawasan dan internasional yang menjadi perhatian bersama, di antaranya mengenai Semenanjung Korea dan Timur Tengah.
Isu-isu lain yang juga dibahas dalam pertemuan tersebut adalah mengenai rencana keketuaan Myanmar di ASEAN tahun 2014, Komisi HAM ASEAN (AICHR), dan prakarsa kerjasama kawasan dalam pencegahan dan penanggulangan bencana banjir. Para Menteri Luar Negeri juga membahas permohonan keanggotaan Timor Leste pada ASEAN dan menyepakati untuk membahas hal ini lebih lanjut pada Pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN.(MC ASEAN/dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar