Selasa, 15 November 2011

Operasi Puri Agung X Amankan KTT ASEAN

Nusa Dua, ASEAN Community - Iring-iringan kendaraan pengamanan dari Polda Bali dan Kodam IX Udayana memasuki kawasan Nusa Dua, Kamis (10/11) siang. Sebelumnya, dilakukan Gelar Pasukan Operasi Puri Agung X di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Bali, guna mempersiapkan pengamanan selama berlangsungnya  KTT ke-19 ASEAN, 17-19 November 2011.

Dalam pengamanan lokasi KTT, yang juga menjadi tempat berlangsungnya pertemuan ASEAN Plus dan Asia Timur, selain unsur pasukan inti Polda Bali, juga akan dibantu pasukan dari Polda Jatim, Polda Jateng, Polda Metro Jaya serta Mabes Polri. Kapolda Bali Irjen Pol Totoy Herawan Indra  menegaskan dengan pengamanan cukup besar itu, diharapkan seluruh anggota dapat menerapkan pengamanan sesuai standar operasi prosedur (SOP).
Kepada seluruh pasukan pengamanan, Kapolda Bali Irjen Pol Totoy Herawan Indra mengatakan untuk mempersiapkan mental serta fisik dengan baik. “Waspada terhadap teror di penginapan, tempat hiburan dan obyek wisata, dan jangan lengah, " tegas Kapolda.
Sementara itu, Panglima Kodam IX Udayana Mayjen TNI Leonard mengatakan pihaknya di-back up Mabes TNI dari angkatan darat, laut dan udara. Sedangkan untuk tamu VVIP, termasuk Presiden AS Barack Obama, pengamanan dilakukan Paspampres dan Polri.
Kapolda dan Pangdam mengecek langsung kesiapan anggota, kendaraan, dan tiga unit helikopter Selain itu, dilakukan juga pemantauan lewat udara ke beberapa wilayah, yaitu Nusa Dua, Benoa, dan Kuta. Pihak keamanan tak ingin kasus masuknya tukang kebun ke lokasi acara saat pembukaan ASEAN Fair beberapa waktu lalu terulang.  “Maaf kami akan sedikit ketat dalam pemeriksaan. Kalau identitasnya jelas tentu tidak kita larang berada di kawasan Nusa Dua. Namun yang meragukan bahkan tanpa identitas pasti kita amankan,” tegas Pangdam.(dry)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar